Trekking di bukit di musim dingin bisa terasa seperti negeri ajaib – tetapi berbahaya bagi yang belum tahu. Kursus dua hari ini akan membawa Anda dengan aman ke puncak gunung Cairngorm yang ajaib

Tidak ada yang seperti musim dingin di perbukitan Skotlandia. Hari-hari singkat, matahari rendah, cahaya berubah dari fug menjadi kristal menjadi madu dalam waktu sesingkat-singkatnya. Pada Malam Tahun Baru 10 tahun yang lalu, saya berdiri di puncak Ben Macdui di Cairngorms yang menghadap ke awan tebal dan dataran tinggi yang berkilau. Selimut berasap menutupi kemenyan; gunung-gunung berdiri jelas. Di kejauhan, punggung paus putih khas Ben Nevis memecah permukaan.

Sebagai seorang sarjana, saya melakukan banyak perjalanan yang menginspirasi ke Dataran Tinggi dengan klub pendakian gunung universitas saya. Seiring dengan hari-hari burung biru, kami juga mengalami kondisi yang menantang. Badai salju, white-out, salju tebal, lereng es, angin beku … kondisinya dapat berubah dalam sekejap mata.

Untuk Heather Morning, penasihat keselamatan untuk Mountaineering Scotland, pegunungan Skotlandia di musim dingin menawarkan “lingkungan yang secara ajaib indah, namun keras dan menantang. Kondisi di bawah kaki dan di atas kepala memerlukan pengetahuan dan keterampilan di luar yang diperlukan untuk berjalan di bukit musim panas. ”Dia menambahkan:“ Saya akan menyarankan siapa pun yang keluar untuk menikmati pegunungan musim dingin untuk mengambil satu (atau semua!) Pilihan berikut: pergi dengan seseorang yang lebih berpengalaman , bergabung dengan klub, atau mendaftar untuk kursus pelatihan. Keterampilan yang diperlukan untuk melakukan perjalanan dengan aman di pegunungan musim dingin meliputi navigasi, kesadaran longsor, pemahaman risiko, pakaian dan peralatan khusus – dan pelatihan dalam penggunaan peralatan khusus. ”

Setelah meninggalkan universitas, saya ingin terus berjalan di musim dingin dan membantu teman-teman baru menemukan keajaiban. Jadi saya melakukan kursus pendakian gunung musim dingin di Cairngorms, dijalankan oleh Jonathan Conville Memorial Trust, yang didirikan oleh keluarga Jonathan setelah dia meninggal di Matterhorn pada tahun 1979, berusia 27 tahun. Dalam kemitraan dengan Pusat Luar Ruangan Nasional Plas Y Brenin di Wales utara, kepercayaan itu menawarkan pelatihan bersubsidi untuk anak berusia 18-30 tahun. (Kursus serupa juga tersedia dari Mountaineering Scotland dan Glenmore Lodge.) Kursus berjalan dari Desember hingga Maret; punyaku terjadi pada bulan Januari.

Tingkat kebugaran yang baik sangat penting. Peserta harus dapat menghabiskan dua hari berjalan di medan pegunungan yang curam, dan memiliki pengalaman musim panas di bukit dan gunung yang baik. Kursus dua hari menawarkan pengetahuan dan keterampilan untuk pendakian gunung musim dingin, termasuk pakaian dan peralatan; navigasi; bergerak di salju dan es; penggunaan crampon dan kapak es; penambatan salju; pekerjaan dasar dasar; evaluasi salju dan longsoran salju; perencanaan rute; dan tempat perlindungan salju dan bivak darurat.

Kursus saya diajarkan oleh Di Gilbert, yang memimpin ekspedisi tentang Everest dan K2. Kelompok kami yang terdiri dari enam orang bertemu di Ardenbeg Bunkhouse di Grantown-on-Spey, di tepi utara taman nasional Cairngorms. Di membawa kami melalui dasar-dasar, memastikan kami semua memiliki kit yang tepat. Kami berkonsultasi peta dan cuaca terapan dan prakiraan cuaca longsor untuk perencanaan rute. Tetapi hanya banyak yang bisa diajarkan dari kehangatan sebuah bunkhouse; cara terbaik untuk mempelajari keterampilan musim dingin adalah menerapkannya. Jadi di bawah bimbingan Di, kami menghabiskan dua hari di dunia beku di utara Corries.

Ketika kami keluar dari minibus di tempat parkir Coire na Ciste, udaranya menguat. Langkah pertamaku canggung. Sepatu bot musim dingin butuh sedikit membiasakan diri. Sol tebal itu kaku, untuk menendang pijakan ke salju dan es. Untuk berlatih bergerak tanpa crampon, kami menginjak lereng, menendang jari-jari kaki ke salju dan menggergaji undakan di es. Kami menjaga kecepatan. Berkeringat sebaiknya dihindari di musim dingin: pakaian basah dinginkan.

Berhenti di lereng yang curam, Di berdiri dengan nyaman sementara kami semua tergelincir dan bergerak dalam kerumunan penguin yang canggung sampai dia menunjukkan kepada kita rahasia untuk “parkir.” Aku menendang platform kecil di salju dan bersantai sejenak. Di bawah, bukit-bukit bersalju melengkung ke bawah ke hutan pinus Caledonian yang luas. Di depan ada penopang batu dan es.

Tugas kami selanjutnya adalah memakai crampon – tanpa melepas sarung tangan kami. Tali crampon berukuran kecil dan rumit, sulit untuk jari yang bersarung tangan. Saya akhirnya mempermasalahkan mereka, membuat catatan mental bahwa ini perlu latihan. Dengan bersepatu yang sesuai, kami menginjak es seperti John Wayne, menjaga kaki kami tetap rata dan kaki terpisah untuk menghindari celana panjang tersangkut di paku. Perjalanan atau selip di musim dingin bisa berakibat fatal. Di sinilah kapak es masuk. Di membawa kami ke bank yang aman di mana kami berlatih penangkapan kapak es. Kami meluncur turun – kaki lebih dulu, kepala lebih dulu, di atas perut kami, di punggung kami – belajar untuk berbalik, menggali pick dan melemparkan beban kami di atas adze untuk menghentikan jatuh.

Ketika kami sampai di dataran tinggi, hamparan salju bergelombang ke dalam awan. Itu keluar putih: tidak ada jalan, tidak ada tampilan dan tidak ada fitur. Navigasi menjadi kritis. Ponsel dan perangkat GPS tidak dapat diandalkan di musim dingin karena baterai segera habis dalam cuaca dingin. Di membantu kami merencanakan rute ke puncak Cairn Gorm 1.245 meter dengan mengandalkan pembacaan peta, bantalan kompas, dan mengukur jarak. Ketika tiba giliran saya untuk memimpin, saya melangkah maju, mengikuti kompas saya. Kelompok itu tetap tinggal, di luar pandangan saya. Saya terisolasi di dunia putih tanpa bentuk. Setelah 183 langkah, garis abu-abu muncul di kabut. Saya berjalan lebih dekat dan menajam. Saya telah berhasil memimpin kelompok ke lift ski.

Kami turun, pipinya bersinar dan mata berbinar. Kursus ini memberi saya dasar keterampilan mendaki gunung musim dingin yang telah saya bangun sejak saat itu. Hanya dua hari kemudian, saya menerapkan keterampilan baru saya, memimpin beberapa teman pada perjalanan musim dingin pertama mereka di Cairngorms. Kami mulai lelah berjuang menembus salju setinggi lutut, tetapi kerja keras kami dihargai. Kami bertemu ptarmigan dan kelinci gunung putih. Ketika kami menaiki tebing curam, jalinan tanduk beludru menari-nari. Kawanan rusa bangkit berdiri dan berkerumun di sekitar kami seperti kerumunan anak-anak. Rusa kutub, kami temukan, memiliki telinga yang tajam untuk pembungkus yang manis.